Hari Pahlawan 2020: Di Era Digital dan Di Masa Pandemi

Selamat Hari Pahlawan 2020! Seorang pahlawan adalah mereka yang pantang mundur apapun rintangannya, melawan dengan gagah berani demi membela kebenaran atau suatu hal yang begitu berarti baginya. Adapun hal berarti tersebut, bisa jadi sebuah negara, agama, kelompok, maupun antar rukun tetangga. 

Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran di Surabaya antara pasukan kemerdekaan Indonesia melawan tentara Inggris. Ketika itu, pertempuran terjadi selama 3 minggu berturut-berturut sehingga dinamai Pertempuran Surabaya. Banyak pengorbanan yang telah terjadi oleh pasukan kemerdekaan Indonesia untuk melindungi Surabaya. Banyak orang tewas dalam pertempuran itu, terutama dari pasukan kemerdekaan Indonesia.

Namun, saat ini tentunya perang seperti itu tidak akan terjadi kembali. Karena, pada era digital ini Indonesia telah merdeka berkat perjuangan para pahlawan terdahulu. Maka kini, tugas kitalah agar menjadi pahlawan pada era digital dan masa pandemi dan mengenal siapa saja yang telah menjadi pahlawannya. 

Terjadinya Hari Pahlawan

Rongsokan mobil Brigadir Mallaby (kiri) dan Bung Tomo (kanan) (Sumber: www.malangvoice.com)

Mengutip dari Tribun News, pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia masih belum sepenuhnya berdiri sendiri. Karena, meskipun tentara Jepang telah kalah, tentara Inggris datang ke Jakarta dan berhenti di Surabaya pada tanggal 25 September 1945 guna melucuti para tentara Jepang dan memulangkan para tawanan sebelumnya serta menyerahkan Indonesia kepada pemerintahan Belanda. 

Hal ini tentunya memicu kemarahan warga Surabaya. Karena, mereka merasa bahwa Belanda telah menyepelekan kemerdekaan Indonesia dan melecehkan bendera Merah Putih. Sehingga pada tanggal 27 Oktober 1945 di Hotel Yamato, Surabaya, warga Surabaya yang bernama Hariyono dan Koesno Wibowo naik ke atas hotel dan merobek bendera Belanda hingga tersisa warna merah dan putih, yang melambangkan bendera Indonesia. 

Mengetahui situasi yang mulai ricuh dan tidak kondusif kian berjalannya waktu, Mayor Jenderal Robert Mansergh mewakili A.W.S. Mallaby, mengeluarkan tuntutan yang menyatakan bahwa semua pemimpin dan orang Indonesia bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya pada tempat yang ditentukan dan meminta agar rakyat Indonesia menyerah dengan mengangkat tangan ke atas dengan batas pukul 06.00 pada 10 November 1945.

Dari peringatan tersebut, terjadilah pertempuran yang berlangsung selama 3 minggu lamanya dengan kerugian berat.

Arti Tema dan Logo Hari Pahlawan 2020

Logo Hari Pahlawan 2020 (Sumber: kemsos.go.id)

Pada tahun ini, Kementrian Sosial Republik Indonesia telah meluncurkan logo terbaru dan tema dari Hari Pahlawan 2020. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Pahlawan Sepanjang Masa” dengan logo seseorang berdasi merah dengan tongkat kayu tengah mengibarkan bendera Merah Putih. 

Alasan Kementrian Sosial Republik Indonesia mengangkat tema ini karena makna pahlawan kala era digital kini telah berubah. Makna pahlawan pada tahun 2020 telah berubah menjadi luas, karena kita bukan lagi melawan penjajah agar tesingkir dari Indonesia. Melainkan, kita perlu membantu Indonesia agar maju dan terus berkembang dengan porsi posisi yang telah terisi masing-masing diri. 

Pahlawan Baru

Influencer (Sumber: www.liputan6.com)

Jika pahlawan telah memiliki arti yang berbeda, lalu siapakah pahlawan baru tersebut? Adalah mereka, yang ikut mengembangkan bangsa dari berbagai bidang mulai dari content creator, olahragawan, influencer, pebisnis, artist, animator, medical workers dan lainnya.

Adapun, yang telah membantu Indonesia salah satunya sebagai berikut. 

  • Belanja Online

Para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), telah ikut menyumbangkan sebanyak 60% hingga 14 triliun dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, pada tahun 2018. Dengan adanya situs belanja online, terlebih di masa pandemi seperti saat ini, UMKM online telah menjadi alternatif bagi para calon pengusaha baru yang ingin mendirikan bisnisnya dan juga membuka peluang pekerjaan baru bagi orang lain. Hanya saja, belum semua UMKM telah terhubung dengan dunia digital.

  • Transportasi Online

Salah satu jasa yang paling banyak penggunanya adalah ojek online karena selain praktis, juga menghemat waktu karena dapat melokasi suatu tempat, meski padat akan rumah warga. Meroketnya usaha transportasi online menjadi salah satu pahlawan dalam era digital yang bahkan telah diakui oleh Presiden Joko Widodo.

  • Influencer (YouTuber, content creator) 

Salah satu influencer yang telah membantu banyak UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) melebarkan sayap bisnis (khususnya dalam bidang kuliner) adalah Magdalena Fridawati (@Mgdalenaf). Akun YouTube miliknya telah tembus hingga mencapai 3 juta subscribers, dan ia kerap kali ikut membangkitkan nafsu makan penonton juga gairah untuk mengunjungi kedai yang telah ia singgahi. Sampai kini usahanya dalam terus membantu UMKM dalam memberi review makanan masih tetap berjalan.

  • Tenaga Medis

Saat masa pandemi ini, sudah banyak sekali tenaga medis yang juga ikut berguguran demi melindungi rakyat Indonesia dari virus corona. Maka dari itu, medical workers sudah selayaknya menjadi pahlawan sepanjang masa pada Hari Pahlawan 2020, karena tanpa bantuan dan kerja keras mereka, yang berjuang menambah jam kerja dan menghindari keluarga sendiri demi menghadapi pandemi sejak bulan Maret lalu.

Jadilah Pahlawan Juga! 

Pahlawan di era digital (Sumber: blog.modalku.co.id)

Now, it’s your time to shine! This year’s theme, everyone can be a hero. So, be a hero too! Explore yourself and challenge yourself more than usual. Because you will find out what your true desires and aspirations, for the future. Chase your passion and hone yourself until it bears meaningful fruits.

Vocabulary Corner

Apakah kalian menemukan kata-kata baru bahasa Inggris di atas? Coba perhatikan pada kolom berikut ini.

English VocabsArti dalam Bahasa Indonesia
ChaseMengejar
PassionKegemaran/Semangat
It bears fruitMenghasilkan hal yang bagus
InfluencerSeseorang yang bisa mempengaruhi orang lain
Medical workersTenaga medis/pekerja medis
Content creatorPembuat/penghasil konten
HoneMelatih/mengasah
ArtistSeniman (berbeda dengan selebriti/celebrity)
SubscriberPelanggan
AnimatorPembuat animasi

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk menjadi pahlawan saat era digital dengan suasana masa pandemi seperti ini? Sambil begitu, ada blog juga dari Engliven yang punya banyak artikel yang siap baca buat kamu.

Ayo, tunjukkan bakatmu dan bagikan pengalamanmu dalam kolom komentar, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Learn speaking fluent English with confidence at SpeakToSpark